Studi Pengaruh Salinitas dan Jenis Sedimen terhadap Pertumbuhan Propagul Rhizophora mucronata

Agung Faiz Darmawan. Studi Pengaruh Salinitas dan Jenis Sedimen terhadap Pertumbuhan Propagul Rhizophora mucronata.

Tipe butiran sedimen dan salinitas merupakan beberapa faktor yang dibutuhkan oleh tumbuhan mangrove untuk dapat tumbuh dengan baik. Diduga masing-masing jenis mangrove umumnya memiliki toleransi yang berbeda-beda terhadap tinggi rendahnya salinitas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh salinitas dan jenis sedimen terhadap pertumbuhan semaian Rhizophora mucronata. Manfaat yang diharapkan adalah dapat memberikan informasi mengenai ada tidaknya perbedaan pertumbuhan propagul Rhizophora mucronata pada salinitas dan jenis sedimen berbeda.

Praktik Kerja Lapangan dilakukan pada bulan Agustus – Desember 2001 dengan mengambil lokasi di kampus Ilmu Kelautan Undip, Teluk Awur, Jepara. Propagul Rhizophora mucronata yang digunakan untuk penelitian adalah sebanyak 80 buah diambil dari kawasan mangrove Desa Tanggul Tlare. Dua jenis sedimen berbeda yang digunakan sebagai substrat diambil dari dua lokasi di kawasan mangrove di belakang kampus Ilmu Kelautan Jepara, yaitu sedimen pasir dan sedimen pasir lanauan. Salinitas air sebagai kontrol disesuaikan  dengan salinitas rata-rata di lokasi sekitar penelitian, yaitu sebesar 30‰.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semi eksperimental, yaitu beberapa parameter tidak terkontrol (seperti suhu  dan pencahayaan) dengan harapan sesuai dengan kondisi alami lingkungan data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dan statistik non-parametrik Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan uji Chi-Square. Hasil yang diperoleh dari penelitian setelah dilakukan analisa statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan pertumbuhan semaian Rhizophora mucronata pada tingkat salinitas yang berbeda (harga chi-square empirik lebih besar (signifikan) baik pada taraf 5% maupun 1%), jenis sedimen yang berbeda (harga chi-square empirik lebih besar (signifikan) baik pada taraf 5% maupun 1%) dan ada interaksi keduanya yang mempengaruhi pertumbuhan semaian Rhizophora mucronata dengan nilai chi-square empirik yang juga signifikan pada taraf 5% maupun 1%.

Kata kunci : salinitas, sedimen, pertumbuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s