Studi Tingkat Herbivori Daun Rhizophora apiculata dan Sonneratia alba Hutan Mangrove Desa Jambu Ujung Piring Jepara

Sulis Setyowati. Studi Tingkat Herbivori Daun Rhizophora apiculata dan Sonneratia alba Hutan Mangrove Desa Jambu Ujung Piring Jepara.

Daun mangrove merupakan sumber bahan organik bagi lingkungan mangrove dan perairan sekitarnya. Seperti tumbuhan umumnya daun mangrove juga mengalami herbivori (pemangsaan), yang akan berakibat berkurangnya luas daun dan bisa menurunkan produksi bahan organik yang dilepaskan ke perairan sekitarnya. Banyak hal yang diduga mempengaruhi tingkat herbivori, antara lain spesies dan umur daun.

Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan teknik pengambilan sample secara survei. Sample daun mangrove dari spesies Rhiziphora apiculata dan Sonneratia alba, masing-masing sebanyak lima pohon sebagai ulangan. Daun yang dipetik dipisahkan berdasarkan umur daun (tua atau muda) dan kondisi daun (utuh atau rusak), kemudian diukur panjang dan lebarnya. Dari total daun tua atau daun muda diambil sebanyak 25 % sebagai sub sample untuk menghitung persamaan regresi (daun utuh) dan estimasi luas daun yang hilang (daun rusak). Untuk mengetahui pengaruh spesies dan umur daun data dianalisa secara statistik dengan uji antar perlakuan T-Test General Linear Model (GLM) univariate (SPSS var 10).

Dari analisa statistik diketahui bahwa faktor spesies dan umur daun memberi pengaruh nyata (p < 0,05) terhadap tingkat herbivori baik pada Rhizophora apiculata maupun pada Sonneratia alba, rata-rata tingkat herbivori pada Rhizophora apiculata adalah 15,56 % (kisaran 0,001 – 90,33), sedangkan pada Sonneratia alba rata-rata tingkat herbivorinya adalah 13,24 % (kisaran 0,001 – 90,83).

Kata kunci: herbivori, Rhizophora apiculata, Sonneratia alba, umur daun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s