Kelimpahan Polychaeta pada Vegetasi Mangrove Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara

Deky Rahma Sukarno. Kelimpahan Polychaeta pada Vegetasi Mangrove Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.

Kawasan hutan mangrove mempunyai kesuburan perairan yang tinggi, karena pada ekosistem ini banyak dihasilkan bahan organik dan nutrien-nutrien penting dari hasil penguraian serasah yang dihasilkan oleh tumbuhan mangrove. Tingginya produktifitas hutan mangrove menjadikan daerah ini sebagai habitat yang baik bagi berbagai jenis biota, termasuk juga makrobentos seperti gastropoda, crustacea dan polychaeta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelimpahan polychaeta pada dominansi tegakan mangrove Rhizophora dan Sonneratia daerah vegetasi mangrove Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Jepara. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 5 April – 4 Mei 2003.

Metode yang digunakan adalah deskriptif. Pada masing-masing stasiun penelitian (dominasi mangrove) ditentukan tiga transek dimana jarak antar transek pada stasiun Rhizophora 50 m sedangkan pada stasiun Sonneratia 20 m disesuaikan dengan luas masing-masing dominasi. Sampel diambil dalam kuadran 1m x 1 m dengan kedalaman 10 cm kemudian disaring dengan ayakan 0,5 mm, ditambah dengan formalin 4% kemudian disortir untuk memisahkan polychaeta dari material lain. Sampel yang diperoleh kemudian diidentifikasi dan disimpan dalam botol sampel berlabel berisi alkohol 70%.

Hasil penelitian ini ditemukan 12 famili polychaeta, 11 famili pada dominansi Rhizophora dengan kelimpahan 26,33 ind/m2 dan 7 famili pada dominasi Sonneratia dengan kelimpahan 60,33 ind/m2. Dominasi Rhizophora mempunyai indeks keanekaragaman 2,14 (keanekaragaman famili sedang); indeks keseragaman 0,85 (keseragaman tinggi); dan indeks dominansi 0,28 (tidak ada famili yang mendominansi). Dominansi Sonneratia mempunyai indeks keanekaragaman 1,42 (keanekaragaman famili sedang); indeks keseragaman 0,67 (keseragaman tinggi); dan indeks dominansi 0,47 (tidak ada famili yang mendominasi).

Kata kunci: polychaeta, kelimpahan, mangrove.

2 thoughts on “Kelimpahan Polychaeta pada Vegetasi Mangrove Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara

  1. pengelolaan mangrove harus investasi di lawan dengan investasi kalau tidak hutan mangrove akan di gantikan dengan investasi sawit.salam sahabat peduli mangrove dan pesisir aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s