Studi Pengaruh Pemberian Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan Propagul Rhizophora apiculata pada Persemaian

Roy Sudarso. Studi Pengaruh Pemberian Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan Propagul Rhizophora apiculata pada Persemaian.

Komunitas mangrove mempunyai fungsi ekologis dan nilai ekonomis yang cukup tinggi, namun di banyak tempat di dunia hutan mangrove mengalami perusakan yang cukup memprihatinkan, di Indonesia sendiri perusakan hutan mangrove sudah tergolong cukup parah, kerusakannya sudah mencapai 68%. Perlu kita sadari bersama bahwa hutan mangrove memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kehidupan manusia, oleh karena itu sudah sepantasnya kita menjaga kelestariannya dan mengelolanya dengan baik dalam rangka pemanfaatan yang berkesinambungan (sustainable). Perlu digalakkan berbagai upaya konservasi untuk menahan jumlah kerusakan yang terus meningkat dan rehabilitasi untuk mengembalikan kondisi alamiah ekosistem mangrove. Pemberian pupuk dapat meningkatkan kondisi biologis tanah, sehingga tanaman akan tumbuh dengan optimal. Pupuk akan menyediakan unsur hara dengan kandungan (N), (P), (K), dan (Ca) yang diperlukan oleh tanaman. Sehingga diharapkan dengan pemberian pupuk pada saat persemaian mampu membuat benih mangrove tumbuh lebih optimal dan pada akhirnya waktu persemaian dapat dicapai lebih cepat/singkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kompos terhadap pertumbuhan propagul mangrove jenis Rhizophora apiculata pada persemaian (dengan tolak ukur tinggi plumula).

Penelitian ini dilaksanakan melalui persemaian selama 12 minggu pada bulan April – Juli 2003, bertempat di Laboratorium UNDIP FPIK Jurusan Ilmu Kelautan Teluk Awur, Jepara. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap. Materi penelitian ini adalah pengamatan propagul Rhizophora apiculata dengan 6 perlakuan dan 1 kontrol. Perlakuan yang diberikan pada percobaan penelitian ini adalah 2 macam pupuk dengan 3 dosis yang berbeda, yaitu : perlakuan dengan pupuk Kompos jenis 1 dan Kompos jenis 2 (dosis 50 g, 100 g, 150 g).

Hasil penelitian selama 12 minggu menunjukkan bahwa pertumbuhan propagul pada perlakuan kompos jadi cenderung lebih cepat dibandingkan propagul kontrol namun perbedaan pertumbuhannya tidak nyata, sebaliknya perlakuan kompos rumput laut membuat pertumbuhan propagul menjadi lebih lambat dan hasil ujinya signifikan pada perlakuan dosis 100 g dan 150 g.

Kata kunci: propagul Rhizophora apiculata, persemaian, pupuk kompos, pertumbuhan.

One thought on “Studi Pengaruh Pemberian Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan Propagul Rhizophora apiculata pada Persemaian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s